Polantas Dinilai Kurang Tegas, Mayoritas Pelajar Tak Gunakan Helm

Read Time:1 Minute, 6 Second

BANYUASIN – Satlantas Polres Banyuasin dinilai kurang tegas dalam menindak pelanggaran dalam berlalu lintas. Itu terbukti banyak pengguna jalan tak menggunakan helm di jalan raya.

Parahnya lagi, pelanggan itu kebanyakan para pelajar di Kota Pangkalan Balai.

Ini terlihat mayoritas anak yang berangkat sekolah berasal dari SMA sederajat tanpa menggunakan helm untuk keamanan.

“Sungguh ironi hampir seluruhnya pelajar tidak menggunakan helm saat berkendara ke sekolah,”salah satu warga Pangkalan Balai, Reni, kepada harian Banyuasin, Selasa 21 Maret 2023.

Penyebab tidak pakai helm, menurutnya bisa diduga kurang sosialisasi dan tindakan. Jadi, mereka menyepelehkan keamanan saat bermotor.

“Bisa jadi memang mereka kurang sosialisasi dari sekolah maupun pihak terkait. Dan, pastinya minim tindakan sehingga tidak adanya kesadaran pentingnya pakai helm,”jelasnya.

Menurutnya saat ini juga Satlantas Polres Banyuasin dinilai tidak tegas dan tidak ada gerakan untuk mendisiplinkan pelajar.

Menurutnya, banyak sekali pelanggaran yang dilakukan selain tidak pakai helm pastinya tidak ada surat izin mengemudi (SIM).

“Jadi, sudah dua pelanggaran dilakukan oleh pelajar. Akan tetapi, karena kurangnya sosialisasi dan tindakan maka mereka mengabaikan,”urainya

Kondisi seperti ini, baginya sangat bahaya sekali kalau terjadi kecelakaan karena tanpa helm. “Sangat bahaya di jalan apalagi mereka (pelajar,red) terkadang kebut – kebutan di jalan,”jelasnya

Senada yang disampaikan warga lain, Siron, menyayangkan anak sekolah tanpa helm saat bermotor. “Sebenarnya untuk efek jera ada sanksi berupa tilang upaya tertib lalu lintas”harapnya. (Rd) 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *